Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Model Rumah Panggung Bugis

Di Indonesia memliki beragam keragaman, salah satunya yaitu rumah adat. Keragaman rumah adat tersebut tergantung dari wilayah atau tempat lingkungan rumah tersebut berasal. Hal tersebut dikarenakan dari fungsi rumah itu sendiri yang dapat membuat nyaman dan aman bagi setiap penghuni rumah. Salah satu rumah adat yang berada di Indonesia yaitu rumah panggung bugis.

Desain atau model rumah adat bukan hanya sekedar karakteristik atau ciri khas dari sebuah masyarakat. Melainkan fungsi yang disediakan dari sebuah rumah. Selain itu juga kebutuhan akan kecocokan dengan tipe aktivitas masyarakat setempat. Beberapa suku bangsa di Indonesia memiliki karakteristik rumah adat tradisional masing-masing. Salah satunya rumah panggung bugis.

Rumah panggung memiliki struktur yang unik yaitu teras yang berada di lantai 2. Sementara bagian kolong atau atau lantai satu tersebut biasa digunakan sebagai gudang, kebun, kandang ayam. Kolong tersebut juga bisa dipakai sebagai tempat bermainan anak di siang hari. Di suku bugis sendiri, kolong tersebut juga digunakan untuk melindungi penghuni rumah dari binatang buas dan banjir.

Pada umumnya rumah panggung ini berdiri di atas pilar-pilar atau tiang-tiang besar. Pilar-pilar atau tiang-tiang besar tersebut saling berhubungan satu sama lain. Rumah panggung ini memiliki struktur yang sangat kokoh.Sehingga mampu menyangga berat rumah di atasnya.

Struktur dan lantai dari rumah panggung sendiri didominasi oleh kayu. Karena struktur dari kayu tersebutlah rumah panggung ini memiliki sifat yang sangat ringan dibandingkan dengan rumah lain. Hal tersebut membuat rumah panggung ini dapat diangkat dan dipindahkan maupun di dekorasi ulang.Model rumah panggung bugis ini sangat identik dengan rumah tradisional di daerah perdesaan.

Di sini https://www.qhomemart.com/ akan memberikan informasi mengenai ruangan-ruangan apa saja yang ada di dalam model dari rumah panggung bugis ini. Pola ruang dari rumah panggung iniĀ  terdiri dari kamar tidur, ruang keluarga, dapur dibagian belakang, dan teras dibagian depan dan samping. Biasanya kamar mandi dibangun terpisah dalam lingkungan umah.Untuk penempatan dapur, biasanya dilakukan terpisah meskipun masih dalam lingkungan rumah yaitu di lantai 2.

Namun, sekarang ini rumah panggung juga bisa menjadi hunian modern di daerah perkotaan. Hal tersebut dikarenakan konsep rumah panggung yang berubah seiring dengan kemajuan zaman. Dulu rumah panggung dibangun untuk melingdungi penghuni rumah dari bahaya binatang buas dan banjir.Kini rumah panggung memiliki banyak manfaat lainnya. Apalagi rumah panggung di kawasan kota.

Disini https://www.qhomemart.com/ akan memberikan infomasi mengenai kelebihan dan kekurangan membangun rumah panggung di kawasan perkotaan.

Kelebihan Rumah Panggung

  • Space Kosong Lebih Luas

Rumah panggung menawarkan space kosong yang cukup luas di bagian kolong rumah. Di kawasan pedesaan, biasanya space kosong tersebut digunakan sebagai tempat memelihara hewan. Sementara di kawasan perkotaan. Space kosong tersebut dapat digunakan untuk tempat bermain anak sekaligus melatih perkembangan motorik anak.

Selain itu space kosong tersebut bisa digunakan sebagai garasi tempat menyimpan kendaraam Anda.space kosong tersebut juga bisa digunakan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH).

  • Ketinggian Rumah yang Fleksibel

Model rumah panggung ini dapat dibangun dengan ketinggian yang fleksibel.Sehingga memungkinkan posisi lantai rumah lebih atas dari rumah non panggung.Tentunya hal ini sangat berguna untuk Anda, seperti memaksimalkan jarak pandang untuk melihat situasi luar rumah.

  • Dapat Dibongkar Pasang

Karena desain dari rumah panggung ini bersifat lebih fleksibel. Sifat yang dimiliki rumah panggung tersebut tentunya rumah ini dapat dibongkar pasang atau knock down. Selain itu, rumah panggung ini juga memiliki sistem ventilasi yang lebih memidai.Terdapat banyak celak untuk keluar masuknya udara pada sistem ventilasi dari rumah panggung ini.

Rumah panggung ini juga memliki sifat hemat listrik.hal tersebut dikarenakan ketinggian yang dimiliki rumah ini dapat membuat cahaya matahari masuk ke dalam rumah tanpa terhalang bangunan rumah lainnya.

Kekurangan Rumah Panggung

Kekurangan dari rumah panggung sendiri adalah perlunya struktur penopang lantai.Struktur penopang lantai rumah panggung lebih lemah dibandingkan rumah tapak. Sehingga bebas rumah tidak bisa ditambahi karena akan mengganggu stabilitas. Selain itu, pembangunan rumah panggung juga lebih sulit dibandingkan model rumah lainnya.kemudian, kekurangan rumah panggung lainnya sangat terkait aspek psikologis yang berpotensi menimbulkan masalah privasi.

Hal tersebut dikarenakan space kosong yang cukup luas di bagian kolong rumah.Hal tersebut bisa disalah gunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.Misal, apabila lantai terbuat dari papan kayu, bila tidak ada pagar rumah, maka orang luar dapat masuk kedalam kolong tersebut.kemudian orang itu akan mengintip melalui celah kolong tersebut.

Komponen utama dari rumah panggung dulu dan modern sebenarnya tidak jauh berbeda.Komponen yang membedakan di antara keduanya yaitu bahan bangunan utama serta desain bangunan rumah tersebut.