Skip to content

Menjelajahi Sungai Siak, Destinasi Wisata Populer di Pekanbaru

Berkunjung ke Pekanbaru, tentu terasa kurang lengkap jika tak menyambangi destinasi wisata yang ada di sana. Salah satu objek wisata yang cukup populer adalah Sungai Siak yang menyajikan pemandangan yang menawan menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi wisata satu ini. Sungai yang dikenal sungai paling dalam di Indonesia ini juga memiliki jembatan yang ikonik. Penasaran dengan daya tarik dari wisata satu ini? Yuk simak ulasan berikut.

Keindahan  Objek Wisata Sungai Terfavorit di Pekanbaru

Sungai dengan kedalaman 18 meter ini dulunya sering dijadikan jalur transportasi beberapa kapal besar seperti tanker dan peti kemas mengingat di sekitar sungai banyak dibangun pabrik yang mengolah kayu dan kertas. Di atas sungai ini dibangun beberapa jembatan diantaranya Jembatan Siak I, Jembatan Siak II, Jembatan Siak III, dan Jembatan Siak IV. Pada malam hari, jembatan ini tampak cantik dengan hiasan lampu di sepanjang jembatan sebagai sumber penerangan.

Selain itu, sungai ini juga memiliki hutan bakau yang cukup lebat dengan beberapa jenis tumbuhan yang ada di dalamnya. Selain keeksotisan pemandangan yang ditawarkan, banyak wisatawan yang tertarik mengunjunginya karena cerita angker yang sangat melekat dengan sungai satu ini. Di sungai ini ditemukan beberapa tragedi penemuan mayat bunuh diri, hingga adanya seekor buaya putih. Namun keberadaan buaya ini masih belum diketahui kebenarannya.

Sungai Siak dulunya memiliki nama Sungai Jantan. Namun, karena perpindahan pusat pemerintahan dan disematkan nama baru yakni pemerintahan Siak maka sungai ini ikut namanya turut diganti. Karena lokasinya cukup strategis,  tempat wisata ini dekat dengan berbagai fasilitas publik. Untuk pengunjung yang berasal dari luar kota bisa bermalam di salah satu penginapan atau hotel di sekitar sungai ini.

Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan di Wisata Air Siak

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan selama di wisata ini. Misalnya menyusuri sungai dari Perawang ke Pekanbaru dengan naik perahu. Biasanya perjalanan ini memakan waktu sekitar 30 menit. Sembari menaiki perahu, pengunjung bisa menikmati pemandangan hutan sawit di tepi sungai. Selain itu, menikmati matahari terbenam di sungai ini juga tak kalah menariknya. Pengunjung bisa mencari latar terbaik untuk mengambil foto, terutama dengan background jembatan Siak.

Bahkan belakangan dibangun restoran terapung dengan enam trip perjalanan diantaranya wisata sarapan pagi, makan siang, wisata sunset hingga makan malam. Rute perjalanan seputar Siak sampai sekitar Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru. Namun ada rencana jika rute perjalanan ini akan diperpanjang hingga ke Okura. Dengan demikian, pengunjung bisa menyantap makanan yang lezat sembari menikmati suasana di sepanjang sungai terdalam di Indonesia ini.

Berkunjung ke wisata air satu ini tentu menjadi pengalaman liburan yang seru. Menikmati suasana kota Pekanbaru di bawah Jembatan Siak dengan udara yang sejuk tentu bisa menghilangkan penat. Dan yang lebih menarik, pengunjung bisa mendatangi objek wisata ini kapanpun karena selalu dibuka sepanjang hari. Selain itu, tidak ada biaya tiket masuk yang dibebankan ketika mendatangi destinasi wisata ini.