Begini Cara Riset Keyword yang Tepat untuk Website

Seperti yang diketahui, dalam  dunia website melakukan riset keyword menjadi salah satu langkah penting sebelum menulis sebuah artikel. Tujuan utama dari riset ini yaitu menentukan kata kunci apa yang cocok untuk digunakan pada website atau blog Anda. Menentukan kata kunci atau keyword tidak boleh dilakukan secara sebarangan karena berpengaruh pada performa website di hasil pencarian.

Lalu bagaimana cara riset keyword yang tepat? Bagi Anda penulis blog atau website harus tahu bagaimana cara melakukan riset kata kunci dengan benar. Selain itu, penulis juga wajib mengetahui apa saja topik yang sekarang ini sedang booming atau banyak dicari di mesin pencarian agar bisa menentukan keyword untuk artikelnya. Nah, bagi Anda yang masih bingung simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mengenal Jenis-Jenis Keyword untuk Website/Blog

Pixabay.com

Short Tail Keyword

Untuk jenis keyword yang pertama ini terdiri dari satu atau dua kata dasar seperti kuliner, explore, jajanan, makanan jogja, makanan murah dan lain sebagainya. Jenis keyword yang pertama ini umumnya memiliki tingkat persaingan yang lumayan tinggi karena sudah sering dipakai oleh banyak orang.

Oleh karena itu, bersaing pada jenis short tail keyword terbilang cukup berat jika tidak memiliki kemampuan SEO yang bagus.  Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan jenis keyword ini pastikan untuk sudah paham tentang SEO.

Long Tail Keyword

Sesuai dengan namanya, jenis keyword yang kedua ini jauh lebih panjang dibandingkan yang pertama. Beberapa contoh keyword jenis ini seperti kuliner enak di Jogja, wisata kuliner malam di Blitar dan lain sebagainya. Bagi Anda yang masih pemula atau baru di dunia blogging maka disarankan untuk menggunakan long tail keyword karena mudah untuk tampil di halaman atas Google.

Namun, perlu diketahui salah satu kekurangan dari keyword jenis ini yaitu traffic yang tidak sebanyak short tail keyword. Selain itu, untuk menemukan kata kunci yang benar-benar bagus pada jenis long tail keyword terbilang cukup sulit. Jadi baik long atau short keyword memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Keyword Abadi

Untuk keyword jenis ini biasanya akan selalu dicari kapan pun karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Contoh kata kunci yang masuk jenis ini seperti resep sup ikan, gejala demam berdarah, cara meredakan panas pada anak dan masih banyak lagi. Biasanya kata kunci jenis ini sangat berkaitan dengan aktivitas sehari-hari sehinga banyak orang yang membutuhkannya.

Keyword Musiman

Satu lagi jenis kata kunci yang perlu Anda ketahui adalah Keyword Musiman. Sesuai dengan namanya, kata kunci akan muncul ketika sedang terjadi sesuatu yang sifatnya sementara. Jadi, bisa dikatakan keyword ini muncul karena terjadi sebuah peristiwa, isu, event dan lain sebagainya. Kelemahan dari keyword musiman ini tidak bertahan lama seperti jenis-jenis sebelumnya.

Begini Cara Riset Keyword dengan Tepat

Pixabay.com

Ubbersuggest

Cara riset keyword pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan bantuan tools Ubbersugest. Bagi yang belum tahu, Ubbersuggest sendiri merupakan sebuah keyword tool yang dimiliki oleh digital ternama, Neil Pate. Tidak perlu khawatir, karena untuk menggunakan tools ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

Selain itu, kelebihan dari tools ini yaitu cara riset keyword yang terbilang mudah yakni dengan mengetik keyword apa yang ingin digunakan. Nantinya Ubbersuggest akan memberikan informasi terkait volume pencarian, kadar kesulitan, dan juga saran kata kunci terkait.

Google Trends

Tahukah Anda, Google tidak hanya menyediakan mesin pencarian saja tetapi juga tool untuk melakukan riset kata kunci. Kabar baiknya, layanan riset keyword dari Google Trends ini bisa digunakan secara gratis oleh para penggunanya.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, Anda harus mengatur wilayah sesuai dengan yang ditargetkan. Nantinya, Anda akan melihat pergerakan keyword yang sedang dicari. Hampir sama dengan tools sebelumnya, Google Trends juga menyediakan saran long tail keyword yang berkaitan.

KWFinder

Satu lagi cara riset keyword yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan bantuan KWFinder. Hampir sama dengan tools Ubbersuggest, KWFinder ini juga memberikan informasi seputar volume pencarian, tingkat kesulitan, dan SERP dari sebuah keyword.

Kekurangan dari aplikasi ini yaitu tidak bisa digunakan secara gratis sepenuhnya. Jadi, Anda hanya bisa melakukan dua riset kata kunci secara gratis saja. Untuk melanjutkan pemakaian, Anda harus mendaftar sebagai anggota.

Itulah informasi tentang cara riset keyword dengan beberapa tools yang cukup populer dan sering digunakan. Perlu diketahui, melakukan riset keyword bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan jasa SEO yang sudah berpengalaman dan terpercaya, salah satunya Atlanta SEO Company.

Nantinya Atlanta SEO Company akan membantu segala kebutuhan Anda terkait website salah satunya riset kata kunci. Jadi, bagi Anda yang masih bingung masalah riset keyword bisa menggunakannya. Semoga informasi di atas bermanfaat!