Cara Memilih Bola Voli, Agar Tidak Salah Beli

Voli merupkan salah satu permainan bola yang populer di negara kita. Banyak orang yang hobi menikmati permainan tersebut. Selain membuat tubuh menjadi sehat, bermain voli juga dapat membuat tubuh menjadi lebih fresh karena bisa memacu adrenalin kita. Terkadang kita tertawa atau bahkan geregetan ketika sedang menikmati pertandingan. Ketika mengikuti perlombaan, biasanya setiap tim membuat kaos seragam di konveksi baju seragam supaya penampilan mereka makin ciamik, namun satu hal yang tidak boleh dilewatkan yakni menyiapkan perlengkapan utama yakni bola voli dengan merk terbaik sesuai kebutuhan.

Ukuran, bahan, dan juga jenis bola voli yang digunakan saat perlombaan pun sangat beragam. Dulu, bola voli hanya berwarna putih polos, namun sekarang lebih berwarna ( biasanya berwarna biru dan kuning ) serta tersedia dalam berbagai merk, seperti merk Mikasa, Molten serta merk lain dan juga tersedi berbagai harga bola voli. Agar dalam memilih bola voli tidak salah memilih harga dengan kualitas yang disediakan, maka uraian di bawah ini dapat digunakan sebagai acuan,

Cara memilih bola voli yang benar;

  1. Sesuaikan ukuran dengan pemain

Permainan voli menggunakan jenis bola yang berbeda, menyesuaikan pada usia pemain. Bola yang dipakai pun akan berbeda tergantung jenis permainan, yaitu latihan atau untuk pertandingan.

– Untuk voli anak usia sekolah dasar: pilih jenis lightweight volleyball ukuran 4. Yang berbobot 200 sampai 220 gram, atau 50 gram lebih ringan daripada volleyball ukuran 4 reguler. Bola voli lightweight ini terbuat dari bahan lembut, seperti karet dan busa khusus EVA. Bahan tersebut tidak memberi dampak benturan pada anak untuk permainan di sekolah dasar. Struktur keras dari bahan dasar kulit sintetis itu ditutup memakai lapisan bantalan. Tipe ini biasanya memiliki harga kisaran 280 ribuan pada merk Molten.

– Untuk anak usia sekolah menengah dan untuk ibu – ibu: bola yang direkomendasikan yaitu volleyball ukuran 4 dengan bobot 240 sampai 260 gram. Meski seperti itu, bobot dan struktur kulitnya tidak sama. Jenis ini merupakan pilihan yang tepat untuk keperluan rekreasi juga. Anda bisa mendapatkan bola dengan tipe ini kisaran harga 130 sampai 310 ribuan.

– Untuk pria dan wanita di usia sekolah menengah atas atau lebih disarankan menggunakan volleyball ukuran 5 dengan berat 260 sampai 280 gram, atau kemungkinan bisa lebih berat dari dua tipe bola yang lain. Volleyball tipe ini adalah yang sering digunakan untuk pertandingan nasional maupun internasional. Karena bola jenis ini memiliki performa yang baik maka biasanya bisa anda dapatkan dengan kisaran harga 550 ribuan.

  1. Sesuaikan bahan dan cara pembuatan dengan penggunaan

– Bahan EVA dan vinil

Bola voli berbahan EVA mempunyai tingkat kelunakan yang tidak jauh beda dengan bola voli berbahan kulit sintetis, bahan itu mempunyai elastisitas yang baik juga mudah dikendalikan. Karena anak – anak usia sekolah dasar belum mampu mengontrol bola yang keras maka jenis ini cocok untuk latihan bagi pemula dan anak sekolah dasar. Jenis bola voli ini pun tepat dipillih untuk rekreasi anak – anak usia sekolah menengah pertama ke atas dan juga orang dewasa.

– Bahan karet

Soft volleyball yang berbahan dasar karet bersifat lentur sehingga sesuai untuk perlengkapan rekreasi anak. Meskipun punya daya pantul yang baik, bola karet akan mudah kelebihan angin saat dipompa. Maka dari itu, ketika memompa anda harus selalu berpatokan pada ukuran yang sesuai. Selain itu, anda juga harus berhati – hati supaya permukaannya tidak bersentuhan dengan cairan bensol atau jenis pelarut lainnya karena dapat merusak permukaan bola.

– Bahan dengan tekstur panel yang diproses khusus

Intinya, pilih bola dengan performa tinggi ketika hendak menggunakanya untuk latihan pertandingan. Bola dengan permukaan berpola sangat direkomendasikan karena dapat memudahkan permukaan bola agar melekat pada tangan dan ujung jari. Untuk tambahan, supaya memperkuat receive periksa bahan bantalan yang terdapat di bawah lapisan kulit bola. Pilihlah bahan bantalan yang empuk dan juga tebal. Bola yang lapisan panel kulitnya dijahit akan terasa lebih empuk daripada dengan yang langsung ditempel menggunakan lem.

  1. Pilih desain panel dan warna yang bagus untuk meningkatkan visibilitas

Bola voli dengan corak panel ramping disarankan bagi anda yang ingin menguatkan serve receive. Perputaran bola akan terlihat lebih luwes dan akan lebih mudah untuk ditangkap. Dibanding dengan bola satu warna, bola yang punya dua atau tiga warna akan lebih baik untuk dipilih. Kelebihan bola yang memiliki banyak warna adalah perputarannya mudah diketahui. Pilih bola dengan kombinasi warna atau bentuk panel yang beraneka ragam untuk memperjelas penglihatan pemain terhadap bola.

Nah, jadi jika anda sedang mengelola sebuah tim yang hendak mengikuti pertandingan bola voli maka sebaiknya perlu mengetahui harga – harga terkait keperluan apa saja yang dibutuhkan. Seperti harga bola voli ini, dan mungkin nanti anda juga harus mengetahui kisaran harga seragam tim yang biasanya dapat di beli secara custom di konveksi baju seragam.