Ingin Meningkatkan Omzet dengan Facebook? Simak Cara Membuat Iklan di Facebook Berikut Ini

Facebook menjadi salah satu sosial media yang potensial untuk mendukung bisnis kamu karena memiliki banyak pengguna. Fitur yang terdapat pada Facebook dapat membantu kamu untuk memperkenalkan usaha kamu. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat iklan di Facebook.

Untuk mengetahui cara membuat iklan di Facebook, kamu juga dapat menemukannya pada situs https://kangsandi.id. Sebagai pemula, tentu kamu membutuhkan cara yang detail dan runtut. Selain menggunakan iklan, kamu juga dapat menggunakan fitur pada Facebook lainnya untuk membantu kamu memperluas jangkauan bisnis seperti Grup atau Halaman.

Cara Membuat Iklan di Facebook yang Efektif untuk Mendukung Bisnis

 

Indonesia termasuk dalam negara yang pengguna Facebooknya menempati posisi tertinggi. Dengan beitu, peluang untuk memperkenalkan produk melalui Facebook merupakan salah satu hal yang potensial. Facebook yang digunakan oleh seluruh orang di dunia ini juga dapat membantu bisnis kamu menembuh kancah global.

Facebook memberikan fitur-fitur yang dapat digunakan untuk membantu bisnis. Walaupun terdapat fitur yang dapat digunakan secara gratis, namun akan lebih efektif ketika kamu memanfaatkan fitur berbayar dari Facebook yaitu Facebook Ads. Dengan Facebook Ads kamu dapat mengatur siapa saja target audience kamu. Berikut cara membuat iklan di Facebook untuk mendukung bisnis kamu.

  1. Buat halaman untuk Bisnis kamu

Agar kamu dapat memanfaatkan fitur Facebook Ads, kamu harus terlebih dahulu membuat halaman untuk Bisnis. Cara membuat halaman juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menambahkan jenis usaha, deskripsi singkat, alamat, dan informasi dasar lainnya. Jangan lupa untuk membuat postingan yang menarik pada halaman Facebook kamu dan kontennya harus original.

  1. Persiapan Awal pada Facebook Ads Manager

Setelah kamu selesai membuat halaman dan mengirim satu postingan, kamu dapat membuka laman Facebook Ads Manager. Pilih pembuatan iklan terpadu dengan membuka menu kampanye dan klik Buat Iklan. Kamu akan dihadapkan pada dua pilihan yaitu Pembuatan Iklan Terpadu dan Pembuatan Iklan Cepat. Gunakan Pembuatan Iklan Terpadu ketika kamu menginginkan iklan yang lebih spesifik.

  1. Tetapkan Tujuan Iklan

Tujuan iklan menjadi hal yang penting karena ini terkait dengan target audience. Tujuan iklan pada Facebook terdiri dari tiga kategori yaitu Kesadaran,  Pertimbangan, dan Konversi. Ketika kamu ingin meningkatkan brand awarness dan menjangkau orang yang memiliki kemungkinan tertarik maka kamu bisa memilih Kesadaran.

Untuk menampilkan iklan pada jumlah maksimal dari orang yang sesuai dengan anggaran maka kamu dapat memilih jangkauan.Pilihan lain pada kategori pertimbangan terdapat lalu lintas kunjungan, interaksi, pemasangan aplikasi, penayangan video, dan pembuatan prospek.

  1. Pilih Jenis Iklan yang akan Digunakan

Fitur ini harus kamu pilih salah satu karena tidak dapat digunakan secara bersamaan. Ketika kamu memilih uji split, maka kamu harus mempersiapkan dua iklan dengan konten yang mirip untuk melihat konten iklan yang lebih baik diantara keduanya. Terdapat beberapa jenis iklan di kategori Pengoptimalan Anggaran yaitu Cost Per Klik(CPC), Cost Per Mille(CPM), Cost Per View(CPV), Cost Per Action(CPA), dan Cost Per Like(CPL).

  1. Tentukan Nama Iklan dan Pilih Tujuan Trafik Serta Tampilkan Promo

Agar kamu dapat melihat performa dari iklan yang dipasang di Facebook Ads, maka kamu perlu menuliskan nama iklan. Tujuan traffik dapat ditentukan ke messenger, penggunaan aplikasi, website toko ataupun chat WhatsApp. Selanjutnya, jangan lupa untuk mengaktifkan Promo untuk meningkatkan konversi.

  1. Tentukan Target Pemirsa

Facebook Ads akan membuat iklan dengan target pemirsa yang spesifik. Terdapat beberapa pengaturan seperti pemirsa khusus, lokasi, umur, jenis kelamin, bahasa, penargetan terperinci dan koneksi. Beberapa pentargetan dapat tidak dipilih karena semua pengaturan akan disesuaikan dengna kebutuhan kamu.

  1. Langkah Akhir

Sebagai langkah akhir kamu dapat mentukan penempatan iklan, pemilihan jadwal tayang, memilh format iklan, membuat teks, memilih gambar, menulis judlu, dan memasukan tautan. Setelah kamu melakukan pembayaran, maka tim Facebook akan memeriksa kelayakan tayang iklan kamu. Jika disetujui, maka iklan di Facebook sudah mulai ditayangkan.

Tips Menggunakan Iklan di Facebook untuk Pemula

Ketika ini adalah pertama kalinya kamu menggunakan fitur Facebook Ads, maka kamu akan memerlukan beberapa tips berikut agar iklan yang kamu buat dapat memberikan feedback yang maksimal.

  • Untuk kamu yang masih pemula dalam menggunakan iklan, maka akan lebih disarankan untuk memilih Pengoptimalan Anggaran. Jenis iklan ini akan membuat kamu bebas menentukan anggaran iklan kamu di Facebook.
  • Ketika kamu sudah memiliki website untuk toko online kamu, maka kamu bisa meilih konversi karena tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah orang yang berbelanja pada website. Selain konversi kamu juga bisa memilih penjualan katalog produk dan atau kunjungan toko

Cara membuat iklan di Facebook dapat diterapkan untuk para pemula. Jika sudah ahli, tentu kamu sudah memahami bagaimana target audience untuk produk yang kamu miliki. Kamu juga dapat memilih dengan tepat tujuan pembuatan iklan di Facebook.