Cara Memancing Ikan Laut Yang Benar Untuk Target Kerapu

Keliru menerapkan cara membuat hasil tangkapan kerapu nihil. Padahal, Anda telah berkali-kali melepaskan umpan. Nah, seperti apa cara memancing ikan laut yang benar?

Kerapu merupakan jenis ikan yang memiliki nilai jual tinggi. Kerapu juga merupakan konsumsian yang nikmat. Untuk mendapatkannya, Anda bisa berburu langsung di lautan.

Hasil tangkapan tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Di antaranya adalah teknik memancing, serta waktu pemancingan. Di sini, kami akan membagikan informasinya agar aktivitas berburu ikan laut membuahkan hasil.

Jenis Ikan Kerapu Laut

Sebelum mengulas tentang cara memancing ikan laut yang benar, ada baiknya Anda mengetahui jenis ikan kerapu tersebut. Jenisnya cukup banyak. Beberapa jenisnya adalah sebagai berikut.

  1. Kerapu Macan

Disebut sebagai kerapu macan karena coraknya seperti macan tutul. Totol warna kuning dan hitam menyelimuti tubuhnya. Dan warnanya ini sangat mengkilap.

Kerapu macan ini memiliki kemampuan berkamuflase yang baik. Ikan ini akan bersembunyi di sekitar karang. Dengan kemampuan tersebut, kerapu bisa berburu mangsa dengan mudah.

  1. Kerapu Batik

Keunikan corak dan warna membuat kerapu batik bernilai jual tinggi. Sebagian orang telah membudidayakannya. Hanya saja, perawatannya cukup sulit. Bahkan pemanenannya butuh waktu sekitar 8 bulanan.

Cirinya ialah memiliki warna cokelat pucat. Ini bisa dilihat dari sekujur tubuh dan siripnya.

  1. Kerapu Kerang

Ciri dari kerapu kerang bisa dilihat dari ukuran dan warnanya. Ukurannya terbilang lebih besar dibandingkan jenis kerapu lainnya. Tentunya dagingnya lebih tebal sehingga cukup mengenyangkan.

Untuk warnanya sendiri, kerapu kerang memiliki warna kuning dan hitam. Terdapat pula bulatan berwarna hitam pada masing-masing siripnya.

  1. Kerapu Tikus

Jenis ini memiliki penampilan yang unik. Kepalanya mirip seperti tikus sehingga disebut dengan kerapu tikus.

Warnanya putih keabu-abuan. Memiliki totol-totol yang menjadi ciri khas kerapu. Dan tampilannya lebih halus.

Untuk saat ini, kerapu tikus mulai dibudidayakan. Alasannya ialah harga jualnya jauh lebih mahal.

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak sekali jenis ikan kerapu. Anda bisa mencari informasinya secara detail di situs https://000z.me/

Waktu Yang Tepat Memancing Ikan Kerapu

Sudah menerapkan cara memancing ikan laut yang benar tetapi kenapa hasilnya minim? Permasalahannya secara umum terbagi menjadi dua. Pertama ialah lokasi pemancingan. Kedua adalah waktunya.

Sebagus apapun tekniknya, bila Anda memancing di lokasi yang tidak ada ikan kerapunya juga akan sia-sia. Begitu juga bila memancing pada waktu yang tepat. Meskipun banyak ikan, ikan kerapu malah malas untuk menyambar umpan.

Sebagai bahan persiapan, cari lokasinya. Anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mencarinya. Misalnya dengan aplikasi di android. Hanya saja, kami tidak mengulasnya kali ini.

Sementara waktunya, waktu terbaik mincing di lautan adalah pada saat matahari terbit dan terbenam. Normalnya, waktu idealnya hanya sekitar 45 menitan. Jadi, maksimalkan waktu tersebut.

Kemudian perhatikan periode mayor dan minor. Ini berkaitan langsung dengan posisi bulan. Ketika bayangan bulan tepat di atas kepala, periode ini bisa dimaksimalkan. Waktunya sekitar 2 jam.

Sementara periode minor ini dikenali dengan posisi bayangan bulan tepat di ujung kaki. Periodenya hanya berlangsung sekitar 1 jam. Baik itu ketika bulan akan terbit ataupun terbenam.

Waktu tersebut dipercaya sebagai waktunya ikan keluar dari sarang. Aktivitas mencari makan lebih besar. Ketika Anda melepas umpan, umpan akan disambar dengan cepat. Jadi, ikan kerapu yang ditangkap akan lebih banyak.

Cara Memancing Ikan Kerapu Laut

Perlu diketahui bahwa ikan kerapu ini biasanya bersembunyi di balik terumbu karang. Untuk itulah, Anda perlu menerapkan cara yang tepat untuk memancingnya. Jika tidak, pancing akan dibawa masuk ke bebatuan karang sehingga memutus senar pancing.

Teknik memancing yang tepat untuk target ikan kerapu ialah Casting. Teknik ini mengedepankan pada pelemparan umpan ke dekat target. Kemudian, joran digulung perlahan-lahan untuk menarik perhatian ikan.

Ketika umpan ini dilihat, ikan kerapu akan mengikutinya. Dalam hitungan menit, ikan kerapu akan melahap umpan. Biasanya akan ditarik masuk ke dalam tempat persembunyiannya.

Supaya tangkapan tidak lepas, lakukan penarikan saat umpan disambar. Dengan tarikan ini, ikan akan terangkat dan tidak memiliki waktu untuk bersembunyi. Makanya, ikan kerapu akan segera diangkat ke daratan.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan di sini. Temukan lokasinya, dan memancinglah pada waktu yang tepat. Maka, cara memancing ikan laut yang benar ini akan bekerja sesuai harapan.