5 Pengaruh Batuk Pada Kesehatan Ibu Hamil

Meskipun batuk adalah penyakit yang cukup ringan, namun batuk bagi ibu hamil tentu tidak boleh disepelekan. Alasannya bahaya batuk bagi ibu hamil juga beresiko pada janin yang sedang dikandungnya. Batuk akan menjadi bahaya jika menyebabkan gangguan pada kesehatan ibu hamil. Misalnya seperti penyakit paru-paru, infeksi sinus dan masih banyak lagi. Gangguan kesehatan tersebut secara tidak langsung juga berpengaruh pada kesehatan janin dalam kandungan. Berikut beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan jika ibu hamil mengalami batuk:

  1. Bayi lahir premature

Ibu hamil yang memiliki penyakit batuk beresiko melahirkan bayi secara premature. Hal ini dikarenakan suara batu yang terlalu keras bisa membuat bayi terdorong keluar dari rahim. Kondisi ini bisa terjadi bagi bu hamil yang memiliki serviks lunak dan kandungan lemah. Serviks lunak dapat menyebabkan bayi terdorong keluar secara tidak sadar.

  1. Janin terguncang

Bahaya batuk juga mengakibatkan janin dalam kandungan ibu hamil mengalami guncangan. Penyebab utamanya yakni terlalu sering mengalami batuk sehingga membuat perut menjadi terguncang. Jika perut terguncang, otomatis janin yang ada di dalam kandungan akan terguncang dapat dapat menyebabkan keguguran.

  1. Kematian janin

Ibu hamil yang mengalami batuk disertai komplikasi dengan penyakit lainnnya bisa mengakibatkan kematian janin. Misalanya seperti ibu hamil yang mengalami batuk akibat penyakit jantung atau prau-paru. Tentunya hal ini memerlukan penanganan yang lebih lanjut agar tidak membahayakan nyawa ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya.

  1. Janin terkena infeksi

Ibu hamil yang mengalami batuk disebabkan karena infeksi juga dapat menyebabkan janin yang dikandungnya ikut terkena infeksi. Hal ini bisa terjadi karena kuman penyebab infeksi bisa menembus plasenta dan masuk ke dalam tubuh bayi. Bayi yang sudah terkena kuman tersebut bisa terkena infeksi layaknya apa yang dialami oleh ibunya.

  1. Perubahan suhu

Batuk juga bisa mengakitkan suhu di dalam rahim berubah. Terlebih jika ibu hamil yang batuk juga mengalami demam. Demam akan membuat suhu tubuh menjadu panasHal ini dapat menyebabkan janin yang dikandung mengalami lemas dan bisa terkena keguguran.

Bahaya batuk bagi ibu hamil memang tidak dketahui banyak orang sehingga sering kali disepelekan. Ibu hamil sebaiknya selalu rajin mencari informasi tentang kehamilan terlebih hal-hal apa saja yang bisa membahayakan janin. Dengan begitu bahaya batuk bagi ibu hamil bisa anda hindari.